Selasa, 18 Mei 2010

Penilitian Tindakan Kelas



Penelitian Tindakan Kelas

Prof. Suharsimi Arikunto, Prof. Suhardjono,
Prof. Supardi

Penerbit Bumi Aksara, 51 Rp. 28.000,-

Sinopsis

Akhir-akhir ini Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebagai bagian dari penelitian tindakan (action research) yang bertujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelas, makin banyak diminati. Tidak sedikit tenaga pendidik, melakukan PTK dalam upaya mereka mengembangkan profesinya. Oleh karena itu, pengetahuan tentang PTK makin dibutuhkan. Masih banyak guru yang membuat KTI menyebut tulisannya sebagai PTK, tetapi sebenarnya belum atau bahkan bukan PTK.

Buku ini berisi berbagai informasi mengenai PTK, yang mendiskusikan dan menjawab berbagai pertanyaan tentang apa, mengapa, dan bagaimana kegiatan PTK dapat dilakukan guru atau tenaga pendidik yang lain, antara lain kepala sekolah.

Berdasarkan sistematikanya, buku yang terdiri atas tiga bagian ini menjelaskan tentang Penelitian Tindakan Kelas, dengan cara, gaya sajian, dan sudut pandang yang berbeda karena ditulis oleh tiga orang yang berbeda.

Bagian pertama dengan judul Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research-CAR) ditulis oleh Prof. Suharsimi Arikunto. Dengan pengalamannya yang demikian luas di bidang penelitian pendidikan, makna dan hakikat PTK dipaparkan secara rinci dengan gaya tuturnya yang khas seorang guru pendidik.

Pada bagian kedua, Prof. Suhardjono memaparkan Penelitian Tindakan Kelas: Sebagai Kegiatan Pengembangan Profesi Guru dengan menggunakan model sajian pertanyaan dan jawaban. Ia menjelaskan praktik pelaksanaan PTK, terutama bagi para guru yang akan menggunakan PTK sebagai bagian kegiatan pengembangan profesinya.

Bagian ketiga, merupakan tulisan Prof. Supardi yang membahas tentang Penelitian Tindakan (Action Research: Beserta Sistematika Proposal dan Laporannya), merupakan bahasan PTK yang lebih mendalam, menyangkut sejarah serta berbagai teori yang mendasarinya.

Ketiga penulis dengan pengalaman PTK yang berbeda, namun mempunyai tugas yang sama dalam menilai PTK, secara sengaja menyajikan pandangannya dalam satu buku. Harapannya, pembaca akan dapat memperoleh wawasan PTK dari sudut pandang yang beragam, dan menjadikan diskusi menarik dan bermanfaat.

Daftar Isi

prakata
Bagian Pertama

Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research-CAR)
Oleh: Prof. Suharsimi Arikunto

A. Pendahuluan B. Pengertian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) C. Prinsip Penelitian Tindakan D. Alur Penalaran Karya Tulis Ilmiah (KTI)
E. Model Penelitian Tindakan F. Persyaratan Penelitian Tindakan oleh Guru G. Sasaran atau Objek Penelitian Tindakan Kelas
H. Kaitan Penelitian Tindakan dengan Penelitian Model Lain I. Penyusunan Laporan Penelitian Tindakan J. Contoh Rencana Penelitian Tindakan Kelas K. Contoh Penelitian Tindakan untuk Kepala Sekolah
L. Proposal Penelitian Tindakan M. Penutup

Bagian Kedua
Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Kegiatan Pengembangan Profesi Guru
Oleh: Prof. Suhardjono

Pendahuluan A. Pengembangan Profesi dan Penelitian B. Penelitian di Bidang Pembelajaran C. Penelitian Tindakan Kelas D. Menyusun Usulan PTK E. Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas F. Menilai Laporan PTK
G. Beberapa Contoh Permasalahan PTK H. Penutup

Bagian Ketiga
Penelitian Tindakan kelas (classroom Action Research) Beserta Sistematika Proposal dan Laporannya
Oleh: Prof. Supardi

A. Pendahuluan B. Sejarah Penelitian Tindakan C. Pengertian Penelitian Tindakan Kelas D. Tujuan dan Manfaat PTK
E. Karakteristik Penelitian Tindakan Kelas F. Pertanyaan dan Isu Sentral tentang Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom-Based Action Research) G. Prinsip Penelitian Tindakan Kelas H. Prosedur Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas
I. Penyusunan Proposal dan Laporan Penelitian Tindakan Kelas J. Penutup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar